Friday, January 11, 2013

Cara Merawat Kulit Bayi

MEDIA ANAK BUNDA - Bagaimana cara merawat kondisi kulit bayi yang tipis dan sangat sensitif? Bunda harus mengetahui hal ini agar kulit bayi bebas dari iritasi kemerahan dan luka akibat lingkungan ekstrim, pengaruh sinar matahari dan pemakaian produk perawatan bayi yang kurang sesuai.

Tips Cara Merawat Kulit Bayi

Bayi baru lahir yang berumur kurang dari sebulan, cukup dengan dilap menggunakan spons atau handuk kecil terbuat dari katun lembut serta bersih yang lembut dengan air biasa pada suhu normal. Jika langsung dimandikan dikawatirkan akan membuat iritasi pada kulit. Bersihkan bagian anus dan alat kelamin setiap saat agar bebas kotoran.
Pada bulan-bulan awal, jangan memakai krim atau sabun yang mengandung wewangian pada waktu memandikan bayi. Karena ada beberapa bayi yang sensitif dengan wangi-wangian. Anda bisa menggunakan sabun khusus bayi yang terbuat dari bahan herbal alami. Mintalah rekomendasi bidan atau dokter anak demi kebaikan si buah hati. Setelah mandi bisa dioleskan baby lotion yang lembut untuk mencegah iritasi dan menjaga hubungan batin antara orang tua dan anak.

Berikan pakaian (baju) dengan bahan katun yang lembut dan longgar untuk mencegah timbulnya biang keringat karena adik bayi merasa kepanasan. Perhatikan juga kondisi ruangan sekitar dengan sirkulasi udara yang lancar. Pergunakan bedak dengan bahan dasar tepung jagung untuk mengatasi biang keringat. Oleskan di sekitar daerah genital, lipatan leher, dan di bawah lengan. Biang keringat biasa diderita bayi dan sedikit demi sedikit akan sembuh seiring meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Berikan pakaian berbahan dasar kain katun. Cuci pakaian segera setelah dipakai tanpa menggunakan  mesin cuci.

Hindari sinar matahari secara langsung. Bila perlu pergunakan tabir surya untuk menjaga kelembaban kulit bayi

Semoga tips cara merawat kulit bayi ini bisa bermanfaat!

No comments:

Post a Comment